PROJECT FINANCE (3)

KARATERISTIK KHUSUS PROJECT FINANCE

  1. Project finance khususnya diberikan untuk suatu proyek investasi yang berdiri dan berbadan hukum tersendiri (terpisah dari perusahaan-perusahaan sponsor selaku pemilik proyek), dimana badan usaha yang terpisah ini biasanya hanya menangani satu proyek sehingga sering dinamakan sebagai “project company”
  2. Pendanaan proyek biasanya disediakan untuk suatu proyek investasi baru dan bukan untuk proyek investasi yang sedang berjalan, meskipun bisa saja satu pinjaman proyek (project loan) di refinance.
  3. Rasio hutang (debt to asset ratio) dari project company yang didanai melalui project finacing biasanya sangat tinggi, yaitu berkisar antara 60% – 90%.
  4. Para perusahaan sponsor tidak memberikan jaminan atau hanya memberikan jaminan terbatas (limited quarantee) sehubungan dengan partisipasinya dalam project company
  5. Para kreditur pada umumnya hanya dapat mengandalkan arus kas proyek sebagai sumber pembayaran pokok dan margin pinjaman proyek. Dalam hal project company mengalami default, para kreditur umumnya tidak dapat menuntut aset-aset perusahaan sponsor selain aset-aset proyek yang didanai.
  6. Dalam rangka mengurangi resiko proyek, project company membuat perjanjian-perjanjian atau kontrak-kontrak jangka panjang yang mengikat dengan berbagai pihak (misal, kontrak penjualan dengan off-taker untuk mengurangi resiko pendapatan, kontrak penyediaan bahan baku dengan suplier untuk mengurangi resiko bahan baku), sehingga proyek menjadi semakin layak kredit (credit-worthy).
  7. Salah satu bentuk jaminan penting yang menjadi andalan kreditur adalah kontrak-kontrak atau perjanjian-perjanjian yang dilakukan dan hak-hak penguasaan atau konsesi-konsesi (misalnya, hak menambang atau hak menarik toll fee) yang dimiliki oleh project company.
  8. Project company umumnya memiliki umur yang terbatas, sesuai dengan jangka waktu konsesi yang diberikan oleh pihak yang berwenang (pemerintah), dan mungkin saja diperpanjang apabila disepakati oleh para pihak yang berkepentingan.

~ by mohabi on September 14, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s