PROJECT FINANCE (2)

SEKILAS SEJARAH  PROJECT FINANCE

Menurut finnerty (1996), project finace telah dikenal sejak abad ke 13, yaitu ketika kerajaan Inggris melakukan negosiasi pinjaman dengan Frescobaldi sebuah merchant bank terkenal dari Italia pada jaman tersebut, untuk mengembangkan tambang perak di Devon, Inggris.
Berdasarkan kontrak disepakati bahwa sebagai pembayaran pinjaman, Frescobaldi berhak atas seluruh perak yang dihasilkan tambang tersebut selama setahun, tetapi harus menanggung seluruh biaya investasi awal dan biaya operasional penambangan selama kurun waktu tersebut
Setelah satu tahun, tambang perak tersebut akan diserahkan kepada kerajaan Inggris.
Disepakati pula bahwa kerajaan Inggris tidak akan memberikan jaminan dalam bentuk apapun mengenai jumlah dan kualitas perak yang akan diperoleh Frescobaldi sebagai pembayaran pinjaman tersebut.
Dalam dunia bisnis masa kini, pengaturan pelunasan pinjaman semacam itu disebut sebagai production payment loan.
Pada awalnya skema pendaaan project financing dirancang untuk membiayai pembangunan proyek-proyek sumber daya alam berskala besar. Salah satu contohnya, pembangunan sistem transportasi crude oil dan LNG sepanjang 1.300 km di Alaska Amerika Serikat, yang dilaksanakan dari tahun 1969 sampai dengan 1977 yang menghabiskan dana sebesar US$ 7,7 milyar.
Namun perkembangan selanjutnya, project finance juga dipakai untuk mendanai proyek-proyek ber bagai sektor seperti, pembangkit listrik, telekomunikasi, insfrastruktur, real estate dan petrochemical

~ by mohabi on September 14, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s